Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketenangan Membawa Kebahagiaan

ilustrasi foto anak yang tenang, Nahla Aira Nafisah 7 Januari 2021


Hidup itu indah ketika kita bisa menikmati setiap perjalanan, baik itu mengenai hal yang menyenangkan dan menyedihkan. kedua hal tersebut berada dalam titik keseimbangan maka akan mendapatkan kebahagiaan. 


Setiap orang yang hidup pasti akan mendapatkan masalah. Dan disinilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya, karena diberikan ke istimewaan akal dan rasa. 


Ada sebuah kata bijak, ketika kita tidak mau di uji maka bukan termasuk makhluknya Tuhan. Karena sejatinya manusia adalah Makhluk yang sempurna. 


Bagi saya pribadi, justru ketika menghadapi masalah maka beruntunglah. Dengan ada masalah akan menjadi indah yang membuat kita bisa menyelesaikan masalah, lah proses problem solving inilah yang saya anggap sebagai seni. 


Lantas apa kaitannya dengan ketenangan dalam sebuah permasalahan yang ada ? 

Ketika posisi kita dalam kepanikan terkadang justru tidak bisa menyelesaikan masalah dengan baik. Berbeda dengan disaat kita tenang atau lebih dalamnya adalah dengan ngening maka akan lebih jelas tampak akar permasalahan yang sebenarnya sehingga kita bisa menyelesaikan permasalahan yang ada dengan baik dan benar. 


Contoh hal kecil yang seringkali saya temui di jalanan adalah saat berkendara, dimana begitu banyak kendaraan mobil ataupun sepeda motor namun mereka dalam konsentrasi yang tinggi sehingga seimbang dan selaras dengan alam. 


Ketika suatu ketika ada sebuah kejadian dari lawan arah yang grasa-grusu atau hilangnya titik fokus maka solusi tercepat bagi kita menghindari lawan arah adalah dengan tetap tenang, bila perlu berhenti sebentar untuk memberikan energi positif di depan kita sehingga bisa memilih jalan yang tepat. 


Penerapan Tenang dalam ibadah juga tentu sangat penting, bahkan tak sedikit yang melakukan ibadah sholat atau sembahyang untuk mendapatkan ketenangan. 


Jadi setujukah Sahabat ketika Ketenangan itu menjadi kunci dari Kebahagiaan ?? 


Salam hangat dari Lereng Gunung Slamet

Mufid Majnun
Mufid Majnun Anak Desa yang Bersahaja, Agak Pendiam dan Pemalu, Menulis karena keterbatasan Daya Ingat, Suka Motret Pakai Canon, Seneng Ngrumus Excel, Kontirbutor Google Local Guide

Post a Comment for "Ketenangan Membawa Kebahagiaan"