Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KH. Mukhosis Nur Sirau Sahabat Dekat Gus Mus

Foto KH Mukhosis Nur Sirau


Abah Kyai Mukhosis Nur adalah pengasuh Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Sirau Kecamatan Kemranjen Banyumas. Beliau merupakan sahabat karibnya KH. Ahmad Mustofa Bisri atau lebih dikenal Gus Mus.

Sosok kyai yang dicintai santrinya, Dalam proses Belajar mengajar beliau dikenal tegas, kalau sedang menerangkan tidak boleh ngobrol sendiri, harus fokus memperhatikan. Disiplin adalah salah satu kunci keberhasilan itulah yang beliau terapkan pada murid dan santrinya.

KH. Mukhosis Nur Sirau bersama Gus Yaqut

Putra dari Simbah Muqri ini dipercaya menjadi Rois Syuriah MWC NU Kemranjen. Nasehat-nasehatnya selalu dinantikan oleh pengurus MWC NU, PAC Muslimat NU Kemranjen, PAC GP Ansor Kemranjen, PAC Fatayat NU Kemranjen dan adek-adek IPNU-IPPNU.

KH. Mukhosis Nur Sirau


"Berani Hidup tak takut mati, Takut mati jangan hidup, Takut Hidup mati saja" itulah quote populer KH. Mukhosis Nur yang selalu teringat dan tertanam di hati para santri.

Entah sengaja atau tidak, ternyata nama pondok Abah Mukhosis dan Gus Mus adalah sama, apakah merupakan ketidak sengajaan semata ? tapi yang pasti ini adalah sudah menjadi ketetapan Alloh SWT.

KH. Mukhosis Nur Sirau bersama Gus Mus
Kenangan kami --aku; Almarhumah ibunya anak-anak; Allãhu yarham Kiai Mukhossis dan Almarhumah ibunyai Mukhossis. Lahumul Fãtihah. (sumber : IG Gus Mus)


Setiap ada kegiatan pesantren di rembang, kalau tidak ada acara dan tiada halangan pasti Abah Yai Mukhosis hadir disana. begitupula jika Pondok Sirau mengadakan acara, maka kemungkinan besar Gus Mus akan hadir, walaupun terkadang hadinya beliau tanpa di duga dan disangka.

Persahabatan beliau sejak nyantri hingga menjadi kyai, semoga tetap abadi dan menginspirasi kami. 

Abah Yai Mukhosis Nur Syuriah MWC NU Kemranjen
Abah Yai Mukhosis Nur Syuriah MWC NU Kemranjen

KH. Mukhosis Nur Sirau  bersama Gus Luqman
Gus Luqman Ketua PC GP Ansor Banyumas dan KH. Mukhosis Nur Sirau  bersama Gus Luqman

KH. Mukhosis Nur Sirau  bersama Gus Yaqut
Foto Gus Yaqut bersama KH. Mukhosis Nur Sirau  

KH. Mukhosis Nur Sirau
Foto KH. Mukhosis Nur Sirau  saat Haflah Akhirussanah PPRT Sirau Tahun 2022


KH. Mukhosis Nur Sirau
Foto KH Mukhosis NUR Sirau - Pengasuh PPRT Kemranjen



Mufid Majnun
Mufid Majnun Hidup untuk Bermanfaat, Menulis karena keterbatasan Daya Ingat, Suka Motret, Seneng Ngrumus Excel, Kontirbutor Google Local Guide dan Unsplash

1 komentar untuk "KH. Mukhosis Nur Sirau Sahabat Dekat Gus Mus"

  1. Semoga Abah tetap sehat, dan kita sebagai santrinya mampu menjalankan dan mengamalkan ilmunya. Amiin...

    BalasHapus

Posting Komentar