Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gus Yaqut, Sang Panglima Tertinggi Banser NU

Foto Gus Yaqut Ansor

H. Yaqut Cholil Qoumas atau lebih dikenal dengan Gus Yaqut adalah ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor masa bakti 2015-2020. 
Gus Tutut terpilih dalam Kongres GP Ansor ke XV di Pondok Pesantren Pandanaran, Sleman Yogyakarta. 

Pemuda kelahiran Rembang, 04 Januari 1975 ini punya semangat perjuangan yang luar biasa, tiada kata lelah dalam berjuang dan mengurusi organisasi Ansor. Di setiap kegiatan pengkaderan, beliau selalu mengingatkan sahabat-sahabat Ansor dalam mengabdi di organisasi diniati dengan tulus ikhlas, untuk mendapatkan Ridho Alloh SWT. 

Adik dari KH Yahya Staquf ini merupakan anggota DPR Pusat dari Fraksi Kebangkitan Bangsa Periode 2014-2019 Dapil Jawa Tengah X yang meliputi Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang dan Kota Pekalongan. 

Beliau juga pernah menjabat sebagai wakil bupati Rembang tahun 2005-2010, keponakan KH Mustofa Bisri yang lebih populer dengan nama Gusmus ini merupakan tokoh muda yang berprestasi. Pengkaderan Ansor - Banser di periode Gus Yaqut sangat masif di setiap tingkatan. 

Riwayat Pendidikan Gus Yaqut, Lulus dari SDN Kutoharjo (1981 – 1987), Gus Yaqut lantas melanjutkan pendidikannya ke SMPN II Rembang (1987 – 1990) lalu meneruskan pendidikannya ke SMAN II Rembang (1990 – 1993).

Ayahnya adalah K.H Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri PKB yang memiliki pesantren di rembang, telah meluluskan ribuan santri yang mengabdi di pelosok negeri.  



Mufid Majnun
Mufid Majnun Hidup untuk Bermanfaat, Menulis karena keterbatasan Daya Ingat, Suka Motret, Seneng Ngrumus Excel, Kontirbutor Google Local Guide dan Unsplash

Posting Komentar untuk "Gus Yaqut, Sang Panglima Tertinggi Banser NU"